Ternyata Es Kopi Berdampak Negatif Bagi Lingkungan!

iced coffee

Kopi merupakan minuman favorit masyarakat saat ini. Mulai dari anak muda hingga orang tua menyukai kopi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya gerai kopi yang mulai dibuka di berbagai tempat di dunia. Namun, ternyata kebiasaan minum kopi dapat berdampak negatif bagi lingkungan. Kok bisa? Inilah penjelasannya!

Hal ini ditulis oleh Arwa Mahdawi untuk Guardian. Menurutnya, ada beberapa aspek yang menyebabkan kebiasaan minum kopi dapat merusak lingkungan. Inilah aspek-aspeknya!

SedotanImage result for sedotan

Ya, sedotan bisa merusak bumi karena sedotan terbuat dari plastik yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, penggunaan sedotan plastik sangatlah banyak. Starbucks saja menggunakan 2 miliar sedotan setiap tahunnya. Itu baru Starbucks lho. Solusi dari masalah ini adalah menggunakan sedotan logam yang dibawa dari rumah atau tidak menggunakan sedotan sama sekali.

GelasImage result for gelas plastik

Ya, gelas plastik dari kopi juga merusak lingkungan. Apalagi, orang-orang Amerika membuang 25 juta gelas plastik setiap tahunnya. Itu baru Amerika lho, bagaimana jika digabungkan dengan seluruh negara di dunia? Solusinya adalah mintalah pelayan untuk menyajikannya di gelas keramik. Atau anda juga bisa membawa tumbler sendiri.

Sirup Gula Image result for sugar syrup

Biasanya orang meminum kopi dengan sirup gula agar rasanya manis sehingga enak untuk diminum. Namun, sayangnya sirup gula ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan manusia. Menurut Mahdawi, mocha frappucino ukuran grande Starbucks mengandung 61 gram gula dan itu lebih dari asupan gula yang dikonsumsi manusia. Solusinya adalah cobalah untuk meminum kopi hitam saja.

Susu dan KrimImage result for dairy

Biasanya jika anda membeli es kopi, anda pasti akan ditawari krim. Selain itu, terkadang produk kopi tersebut juga lebih banyak mengandung susu daripada kopi. Namun, sayangnya produksi produk susu berdampak negatif bagi lingkungan.

Hal tersebut disebabkan oleh pihak industri susu yang tidak bertanggung jawab dan industri kedelai yang tidak bertanggung jawab atas deforestasi yang signifikan. SElain itu, pembuatan 1 liter susu almond saja membutuhkan 929 liter air.

Solusinya terdengar cukup aneh yaitu menggunakan susu gandum atau susu kacang. Jika tidak, mengapa tidak coba saja kopi hitam? Lagipula rasa kopi hitam enak juga rasanya.

Kafein Image result for kafein

Seperti yang kita tahu, kopi mengandung kafein yang akan berdampak negatif pada manusia jika dikonsumsi terlalu banyak. Namun, ternyata kafein juga berdampak negatif bagi lingkungan.

Salah satu studi mengatakan bahwa sejumlah kecil kafein dapat berkonsentrasi dari waktu ke waktu dan meningkatkan pertumbuhan bakteri sehingga meningkatkan konsentrasi amonia yang beracun bagi ikan.

Solusinya adalah minumlah kopi tanpa kafein. Atau kurangilah minum kopi bahkan hindari minum kopi. Lagipula, terlalu sering minum kopi juga tidak sehat juga kan?

Jika anda sulit untuk tidak minum kopi, anda bisa membuat kopi sendiri di rumah. Selain hemat uang dan membuang limbah, anda juga bisa belajar membuat kopi hingga jago.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s