Kebijakan Trump Dapat Membunuh Industri Sepeda Listrik

Chinese bikes at Toronto show

Seperti yang kita tahu, berbagai kendaraan listrik sudah dibuat seperti sepeda listrik. Namun, produksi kendaraan listrik masih memiliki banyak hambatan seperti faktor kebijakan pemerintah seperti yang diberlakukan Trump.

Hal tersebut disampaikan sendiri oleh Trump melalui twitternya pada tanggal 2 Maret 2018. Trump memberlakukan tarif 25% bagi sepeda listrik China karena kedua negara sedang perang dagang.

Menurut Bicycle Retailer, sebagian orang Amerika mengimpor sepeda listrik mereka. Menurut Bicycle Retailer, beberapa perusahaan sepeda listrik mengatakan tarif 25% akan dikali 3.

Jadi jika harga sepeda listrik adalah $1000, maka akan dikenakan tarif $250 dan harganya akan naik $750. Mungkin tidak semua sepeda listrik berasal dari perusahaan China, namun ada beberapa merek yang memproduksi sebagian produk mereka di China. Tentunya hal ini menyulitkan industri sepeda listrik.

Selain itu, Matt Moore yang memimpin komite legislatif untuk urusan pasokan sepeda sekaligus penasihat umum untuk produk sepeda berkualitas mengatakan bahwa situasi ini membuat frustasi dan mengalihkan perhatian.

Selain itu, Matt mengungkapkan kekecewaannya terhadap kebijakan ini. Menurutnya, sangat mengecewakan jika sudah berurusan panjang dengan perencanaan produk dan sumber daya namun tidak berhasil naik.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa sepeda listrik merupakan produk yang tidak akan tersedia selama 9 bulan atau 1 tahun dan tidak tahu apakah itu akan memiliki harga yang kompetitif.

Lalu, kenapa pemerintah Amerika mengenakan tarif 25% ke sepeda listrik? Kemungkinan hal tersebut terjadi karena sepeda listrik berpotensi mengurangi jumlah mobil sehingga jumlah permintaan bahan bakar fosil berkurang sedangkan Trump sedang mengembangkan produksi bahan bakar fosil. German e-bike

Tidak hanya Amerika, Eropa juga sedang mempertimbangkan untuk mengenakan pajak yang tinggi yaitu sebesar 189% untuk sepeda listrik China. Sskarang sepeda listrik China sedang mengendalikan sebagian besar pasar sepeda listrik Eropa dan penduduk setempat menyatakan kebangkrutan.

Dari laporan Financial Times, Moreno Fioravanti sebagai sekretaris jenderal Asosiasi Produsen Sepeda Eropa mengatakan bahwa China akan segera mengendalikan pasar Uni Eropa, menghancurkan investasi, inovasi dan daya saing, serta lapangan kerja dan perlindungan lingkungan Eropa.

Sedangkan di Amerika, sepeda listrik baru saja dimulai sehingga tentunya tarif 25% ini dapat mencekik industri sepeda listrik yang lahir.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s