Perubahan Iklim Menjadi Ancaman Keamanan Bagi Australia

coral reef australia

Kita sudah biasa mendengar berita tentang perubahan iklim. Namun, mungkin anda tidak pernah mendengar kalau ternyata perubahan iklim menjadi ancaman keamanan nasional bagi Australia. Kok bisa? Inilah penjelasannya.

Hal ini dilaporkan sendiri oleh penyelidikan senat Australia. Laporan yang ditinjau oleh komite urusan luar negeri, pertahanan dan referensi perdagangan Australia ini meninjau implikasi dari perubahan iklim terhadap keamanan nasional Australia.

Sherri Goodman, ahli kemanan iklim sekaligus mantan menteri pertahanan Australia, mengatakan kepada komite bahwa perubahan iklim menimbulkan ancaman langsung terhadap kemanan nasional Australia sekaligus menciptakan resiko eksistensial global.

Menurut Goodman, badai yang dialami di Australia juga sebagian disebabkan terhadap percepatan risiko iklim. Goodman juga mengatakan bahwa masalahnya bukan di masa depan, namun sekarang. Dia juga mengatakan kepada komite bahwa perubahan iklim menjadi pengganda ancaman dan memperburuk tantangan keamanan yang ada.

Selain itu, para pejabat pemerintah dan keamanan mengatakan kepada komite bahwa tantangan kemanan seperti tantangan geopolitik, sosioekonomi, air, energi, makanan, dan kesehatan dapat menimbulkan potensi konflik.

Selain itu, kepala pasukan pertahanan Australia, Chris Barrie juga mengatakan pada komite bahwa dari 7 benua di dunia, Australia kemungkinan besar akan dirugikan oleh dampak perubahan iklim.

Selain itu, laporan juga menunjukkan negara-negara Pasifik yang paling rentan terhadap risiko-risiko ini dan menghadapi ancaman eksistensial. Para peneliti ASPI mengatakan bahwa cuaca ekstrim dapat berkontribusi terhadap perpindahan populasi, konflik atas sumber daya, kekurangan makanan dan air, hingga semakin lemahnya negara-negara rapuh.

Laporan itu juga menyarankan pemerintah Australia untuk meningkatkan bantuan asing untuk membantu mengurangi perubahan iklim di Asia-Pasifik dan mengembangkan rencana komperensif untuk tanggapan terkoordinasi terhadap risiko perubahan iklim.

Perubahan Iklim Menjadi Prioritas Utama di Pasifik 

great barrier reef

Perubahan iklim menjadi prioritas utama bagi Australia karena Australia menjadi salah satu negara paling rentan terhadap perubahan iklim di antara negara maju. Australia juga sudah mulai melakukan beberapa langkah untuk mengurangi perubahan iklim.

Salah satunya adalah mengurangi emisi karbon dengan menandatangani Perjanjian Iklim Paris pada tahun 2015 untuk memangkas emisi sebesar 26-28% pada tahun 2030. Namun, laporan emisi Australia mengungkapkan bahwa sementara Australia berada di jalur untuk memangkas emisinya, polusi karbon negara tersebut meningkat setiap 5 tahun terakhir.

Selain itu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron bertemu dengan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull untuk mendesak tindakan untuk mengurangi perubahan iklim. Macron juga mengatakan bahwa banyak negara di Pasifik beresiko hilang hanya dalam beberapa tahun jika tidak ada tindakan.

Para pemain Pasifik juga mengambil langkah agar perubahan iklim tidak mengancam wilayah tersebut. Selain itu, Selandia Baru juga mengumumkan akan menginvestasikan jutaan dolar untuk memperluas bantuan asing di Pasifik untuk membantu membentengi infrastruktur negara-negara Pasifik sekaligus mencegah perpindahan penduduk karena perubahan iklim.

Selain itu, ada juga langkah untuk mencegah perpindahan orang karena perubahan iklim dengan “Visa Perubahan Iklim”. Cara ini menjadi salah satu cara ampuh untuk menangani migrasi massal potensial karena perubahan iklim di kawasan Pasifik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s