Bill Gates dan Orang Kaya Lainnya Akan Berinvestasi Dalam 2 Startup Yang Mengatasi Masalah Energi Terbarukan

Bill Gates

Ya, kali ini Bill Gates, Mark Zuckenberg, Jeff Bezos ,dan miliarder lainnya akan berinvestasi dalam 2 startup penyimpanan energi melalui Breaktrough Energy Ventures (BEV)sebanyak $1 miliar. BEV mengumumkan tahun lalu bahwa penyimpanan energi menjadi salah satu fokus utamanya.

BEV sendiri diluncurkan pada tahun 2016 dan didukung oleh Reid Hoffman, Jack Ma, dan David Rubeinstein. Bagian dari misi BEV adalah menyediakan “Dana Pasien” yang berarti BEV bersedia untuk membatalkan pengembalian investasi hingga 20 tahun. Hal ini dilakukan untuk memberi waktu yang masuk akal untuk para ilmuwan dan insinyur di startup.

Selain itu, Quartz mengungkapkan 2 investasi pertama BEV yaitu Form Energy dan Quidnet Energy. Kedua startup ini telah mengembangkan teknik yang berbeda untuk menyimpan energi. Namun, salah satu hambatannya adalah adopsi sumber energi terbarukan secara luas.

Cara kerja Quidnet Energy adalah menggunakan air untuk menyimpan energi baru. Dengan menggunakan kelebihan listrik, teknologi ini memompa air ke sumur minyak dan gas bekas atau tidak terpakai lagi dalam formasi batuan shale. Ketika cairan dipompa masuk, air akan mengisi retakan di batu dan menciptakan tekanan.

Untuk menghasilkan listrik, teknologi ini melepaskan air dan tekanan terpendam digunakan untuk menjalankan turbin dan menghasilkan listrik.

Sedangkan Form Energy yang dipimpin oleh seorang profesor MIT sekaligus mantan insinyur Tesla sedang mengembangkan baterai super efisien yang dapat menyimpan energi dalam jumlah besar dalam jangka waktu yang lama.

Biaya baterai biasanya diukur dengan berapa biaya untuk menyimpan energi kilowatt-hour. Oleh karena itu, Form Energy sedang mengembangkan teknologi baterai berharga $10 per kWh. Baterai termurah saat ini adalah $200 per kWh.

Tentunya teknologi ini memiliki potensi untuk menurunkan biaya kendaraan listrik sehingga jangkauannya bisa lebih luas lagi. Selain itu, teknologi ini juga dapat menghemat biaya rumah yang digerakkan dengan energi matahari.

Bagaimana di Indonesia? Semoga saja teknologi ini bisa dikembangkan di Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s