California Menyetujui Investasi Kendaraan Listrik Senilai $738 Juta

electric BMWs charging at Google photo

Hal ini dilakukan oleh California untuk pengembangan energi terbarukan dan teknologi bersih, apalagi mobil. Bahkan menurut California Air Resources Board, transportasi menyumbang 39% emisi CO2 dari keseluruhan California. Tentunya California mengembangkan mobil listrik karena hal ini.

Selain itu, pengembangan tersebut bisa terjadi lebih cepat karena regulator California baru saja menyetujui rencana investasi kendaraan listrik besar-besaran senilai $738 juta oleh negara-negara bagian yang ditujukan untuk infrastruktur pengisian kendaraan listrik.

Selain itu, rencana yang disetujui juga mencakup investasi kendaraan komersial menengah dan berat. Itu berarti investasi ini mencakup mobil pribadi, transportasi pengangkutan barang listrik, operasi pengiriman, dan transportasi massal.

Menurut rangkuman Green Tech Media, komponen utama rencana tersebut mencakup $236 juta dari Pacific Gas & Electric untuk rabat dan infrastruktur pengisian kendaraan menengah dan berat seperti truk, derek, dan forklift di 700 lokasi.

Selain itu, ada juga $22 juta untuk stasiun pengisian cepat di 52 situs. Investasi ini juga termasuk $137 juta untuk San Diego Gas & Electric yang akan dihabiskan untuk rabat dan pemasangan infrastruktur pengisian daya di rumah dan tempat tinggal. Dan ini juga termasuk $343 juta untuk Southen California Edison yang akan menggunakan uangnya untuk 8500 infrastruktur kendaraan menengah dan berat yang tersebar di 870 situs.

Selain itu, investasi ini ditekankan untuk masyarakat berpendapatan rendah dan masayarakat yang menderita masalah kesehatan akibat kualitas udara yang buruk. Tentunya hal ini memberi dampak positif bagi kesehatan dan keadilan sosial masyarakat.

California ingin 50% energi terbarukan digunakan dalam pasokan listriknya pada tahun 2030, dan banyak analis berharap California dapat melampaui tujuan itu. Nantinya kita harus memantau secara signifikan dalam keseluruhan emisi ketika transportasi listrik sudah mulai digunakan.

Bagaimana dengan di Indonesia? Dulunya ada juga mobil listrik yang sempat dibuat oleh anak-anak bangsa. Namun, sayangnya karya-karya tersebut sudah dilupakan. Semoga saja Indonesia bisa mengembangkan mobil listrik.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s