Ternyata Ini Akibat Mengerikan Dari Plastik!

bowl of cereal

Seperti yang kita tahu, sampah plastik memiliki dampak negatif bagi lingkungan. Mungkin kita hanya tahu bahwa sampah plastik dapat mencemari laut dan lainnya. Namun, tahukah anda ternyata salah satu akbatnya adalah kita justru mengonsumsi mikroplastik! Kok bisa? Inilah penjelasannya!

Mikroplastik yang termakan ini diperoleh dari debu-debu yang ada di rumah. Menurut penelitian, 90% debu di rumah mengandung zat yang berbahaya dan salah satunya adalah mikroplastik.

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Heriot-Watt di Skotlandia. Penelitian ini juga menemukan bahwa setiap makanan yang kita makan rata-rata mengandung 100 mikroplastik.

Para peneliti ini meneliti dengan cara melihat tingkat plastik dalam kerang dan membandingkan levelnya dengan seberapa banyak plastik yang ditemukan di dalam makanan rumah tangga.

Mereka melakukannya dengan menggunakan cawan petri yang dilengkapi dengan perangkap debu lengket yang ditempatkan di sebelah piring makanan ketika makan. Pada akhir waktu makan 20 menit, mereka pun memeriksa perangkap dan menemukan 114 serat plastik di perangkap debu tersebut. Sedangkan di kerang hanya ditemukan 2 serat plastik.

Menurut Ted Henry, penulis senior studi ini, hasil ini cukup mengejutkan bagi orang-orang yang berpikir bahwa kandungan plastik di laut lebih banyak daripada di debu rumah tangga.

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa orang rata-rata mengonsumsi antara 13.731 hingga 68.415 mikroplastik setiap tahunnya hanya di rumah. Tentunya jumlah tersebut adalah jumlah yang sangat banyak.

Partikel-partikel ini yang paling mungkin ada dan membentuk kain sintetis yang secara bertahap memecah sebelum terikat dengan debu rumah tangga. Dan darisana debu menemukan jalan menuju makanan kita.

Sejauh ini, para ilmuwan belum mengetahui dampak kesehatan yang diakibatkan dari mengonsumsi mikroplastik. Namun, tentunya hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan manusia.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s