Inilah 7 Cara Untuk Menyelamatkan Laut Kita!

Medium ww1105997

Bumi ini terdiri dari 70% lautan dan 30% daratan dan tentunya laut memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Peran-peran tersebut adalah sebagai sumber makanan, sumber bahan tambang, objek wisata, dll.

Namun, sayangnya laut mulai tercemar oleh sampah dan zat berbahaya lainnya. Tentunya hal ini dapat menganggu kehidupan manusia. Kalau begitu, bagaimana caranya untuk menyelamatkan laut? Inilah caranya

Kurangi Pemakaian Sedotan dan Plastik 

Image result for plastik

Ya, plastik sekali pakai dapat menciptakan polusi laut. Hal itu terjadi karena 8 juta ton sampah plastik dibuang ke laut setiap tahunnya. Bahkan perbandingan berat plastik dan ikan di laut adalah 1:3. Jadi, cara ini menjadi salah satu cara yang paling efektif dalam menyelamatkan laut.

Menggunakan Produk Makanan Laut yang Berkelanjutan 

Image result for produk makanan laut

Yap, populasi ikan di laut semakin berkurang akibat permintaan produk makanan laut tidak berkelanjutan semakin tinggi. Nah, tentunya kita harus memilih produk makanan laut berkelanjytan sehingga dapat mengurangi penangkapan ikan di laut. Caranya adalah dengan melihat label produk tersebut apakah produk tersebut berkelanjutan atau tidak.

Mengurangi Penggunaan Emisi Karbon 

Image result for emisi karbon

Dalam setengah abad terakhir, 90% kelebihan panas dari pembakaran emisi karbon diserap oleh laut. Tentunya hal ini dapat memengaruhi tempat ikan berenang, bagaimana spesies berkembang, peningkatan permukaan air laut, hingga cuaca di darat.

Bagaimana cara untuk menguranginya? Caranya adalah mematikan alat elektronik ketika tidak digunakan, mengurangi penggunaan mobil, dan menanyakan opsi energi terbarukan ke masyarakat.

Berwisatalah Dengan Cerdas

Image result for travelling

Jika anda menggunakan agen perjalanan, pastikan bahwa agen perjalanan tersebut bertanggung jawab dalam komitmen menjaga satwa liar, memberdayakan komunitas lokal, dan taat aturan setempat.

Setelah anda sampai di tujuan wisata terutama pantai, jagalah habitat laut dengan tidak merusak karang ataupun lainnya. Selain itu, janganlah membeli produk-produk tertentu seperti perhiasan karang, produk hiu, atau aksesoris penyu sisik karena dapat merusak ekosistem laut dan mengancam spesies yang terancam punah.

Pelajarilah Laut Lebih Dalam 

Image result for laut

Ya, jika anda belajar tentang laut lebih dalam anda dapat membantu orang dalam menjaga laut bahkan menjadi inspirasi dalam perubahan. Caranya tidak sulit yaitu hanya dengan membaca buku maupun web tentang laut.

Gunakan Keahlian Anda

Image result for keahlian

Ya, anda tidak perlu menjadi ahli biologi laut ataupun sejenisnya untuk menjaga laut. Anda cukup bergabung dengan organisasi terkait atau menjadi sukarelawan yang dalam pembersihan pantai. Selain itu, dukunglah toko atau restoan yang menjual produk makanan laut berkelanjutan.

Bergabunglah Dengan Organisasi 

Image result for organisasi

Ayo, tunggu apa lagi? Dengan mengikuti organisasi, anda tentunya dapat membantu menjaga laut. Selain itu, anda juga dapat menemukan teman baru yang tentunya sangat bermanfaat dalam kehidupan anda.

Bagaimana? Apakah anda ingin ikut menjaga laut?

Semoga artikel ini bermanfaat .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s