India Akan Melarang Penggunaan Plastik Sekali Pakai Di Tahun 2022

water bottles floating in India

Seperti yang kita ketahui, plastik berakibat buruk bagi lingkungan. Salah satu dampaknya adalah dapat membunuh makhluk laut yang menelannya. Tentunya masalah ini adalah masalah serius dan harus segala diatasi. Oleh karena itu, India akan melarang penggunaan plastik sekali pakai pada tahun 2022.

Hal ini dikatakan sendiri oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi seperti yang dilaporkan oleh The Guardian. Menurut The Guardian, keputusan Modi merupakan suatu keputusan yang berani dan dapat menaikkan standar  bagi negara-negara lain.

India menjalankan keputusan berani ini lantaran negara tersebut telah mengalami masalah polusi plastik besar untuk beberapa waktu. Jadi, wajar saja India menjalankan keputusan ini. Ditambah lagi Mumbai menjadi pemberitaan selama beberapa bulan terakhir karena telah mengubah Versova Beach yang penuh sampah menjadi habitat sarang penyu utama hanya dalam waktu beberapa tahun.

Selain larangan penggunaan plastik sekali pakai, Modi juga mengkampanyekan sebuah program yang memantau plastik yang masuk ke perairan pantai, serta membuat 100 monumen nasional bebas sampah.

Semoga saja kebijakan tersebut dapat dijalankan. Tidak hanya India yang mencoba untuk mengurangi sampah plastik. Beberapa negara seperti China, Vietnam, Bangladesh, dan lain lain juga mencoba untuk mengurangi sampah plastik.

Selain itu, PBB juga merilis laporan yang mendokumentasikan 50 negara yang mengambil kebijakan berarti untuk mengekang polusi plastik laut. Bagaimana di Indonesia? Semoga saja kebijakan serupa juga diberlakukan di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s