7 Benda Ini Sering Didaur Ulang Dengan Cara Yang Salah

recycling mistakes

Daur ulang adalah cara untuk memakai sampah kembali dengan mengubahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat. Oleh karena itu, cara ini digunakan oleh banyak negara untuk mengurangi jumlah sampah. Namun, melakukan daur ulang tentu bukanlah sesuatu yang mudah.

Ya, di beberapa tempat daur ulang sangat mudah untuk dilakukan, sedangkan di tempat lain daur ulang membutuhkan skema yang rumit. Akibatnya, daur ulang yang dilakukan ternyata mengalami kesalahan dan malah memperburuk keadaan.

Nah, inilah kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh orang-orang dalam mendaur ulang sampah-sampah ini.

Cangkir Kopi Sekali Pakai

Related image

Yap, barang yang sering kita pakai ini sangat sulit dan mahal untuk didaur ulang. Mengapa? Hal ini disebabkan oleh lapisan polyethyline yang melapisi cangkir agar tidak basah dan berantakan. Selain itu, daur ulang menjadi makin sulit karena banyak orang yang menganggapnya sebagai sampah.

Namun, sampah ini disarankan untuk tidak didaur ulang lagi karena konsumen tidak tahu apakah gelas tersebut dilapisi oleh polyethyline atau tidak, kecuali jika anda tahu bagaimana cara untuk mendaur ulangnya.

Bagaimana caranya untuk mengurangi sampah ini? Caranya adalah menggunakan cangkir kopi yang bisa digunakan kembali.

Kotak Pizza 

Image result for pizza box

Sebenanrnya, sampah ini dapat didaur ulang dengan mudah. Namun hal itu bisa menjadi lebih sulit jika keju dan minyak banyak menempel di kotak pizza. Agar dapat didaur ulang, sebaiknya cek kembali bagian kotak pizza apakah berminyak atau tidak. Jika ada, buanglah bagian kotak yang berminyak itu.

Wadah Makanan Sekali Pakai 

Related image

Yap, cara untuk mendaur ulang sampah ini adalah dengan mencuci sisa makanannya dulu. Bilas dan ulangi hal yang sama terhadap sampah ini. Hal ini sangat penting dalam daur ulang sampah ini. Bahkan menurut juru bicara manajemen limbah Oregon, Jackie Lang, mencuci sisa makanan dari sampah ini sama pentingnya dengan daur ulang.

Wadah Yogurt Dan Kawan-Kawannya 

Image result for yogurt cups

Dulunya metode daur ulang “Plastik 3 sampai 7” dalam mendaur ulang kemasan yogurt dan kawan-kawannya diizinkan di Amerika Serikat dan China. Namun, sekarang hal ini dilarang. Jadi, untuk mendaur ulangnya adalah mengecek peraturan lokal atau membeli yogurt kemasan kaca atau sebaiknya anda membuat yogurt sendiri.

Tutup Botol 

Image result for tutup botol

Ternyata ada juga beberapa tempat yang mengizinkan tutup botol untuk didaur ulang. Namun ada juga tempat yang tidak mengizinkannya dan ada juga yang mengizinkannya selama tutup botol menempel pada botol. Tetap periksa aturan lokal untuk mendaur ulangnya.

Tas Belanja 

Image result for shopping bag

Biasanya orang orang menggunakan tas belanja sebagai wadah untuk botol dan membuang semuanya ke dalam tong sampah daur ulang. Sebenarnya itu adalah hal yang salah. Menurut The Guardian, seharusnya barang yang akan didaur ulang dikeluarkan dari tas belanja dahulu baru ditaruh di tempat sampah daur ulang. Jika hal tersebut tidak dilakukan, tentunya keadaan menjadi lebih parah.

Caranya adalah menggunakan tas belanja yang dapat bertahan lama. Salah satunya adalah totes yang terbuat dari kain yang lebih nyaman dan tahan lama. Selain itu, tas ini tidak dapat membunuh makhluk laut.

Popok Bekas

Image result for popok bekas

Yang benar saja? Ya, hal tersebut dibenarkan oleh para pengelola limbah negara Amerika. Cara untuk mengolah sampah ini adalah melihat komposisi popok tersebut. Hal tersebut disebabkan oleh perbedaan bahan popok dalam setiap produk.

Jadi, itulah cara mendaur ulang sampah dengan benar. Apakah anda sudah melakukannya?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s