Pohon Kota Di Amerika Berkurang Sebanyak 36 Juta Pohon Dalam Setahun

Urban trees

Di setiap kota di dunia ini, pasti ada pohon yang ditanam di taman atau pinggir jalan. Apa gunanya? Fungsinya bermacam-macam seperti membuat udara lebih sejuk, mencegah banjir, memperindah pemandangan, dan lain-lain. Namun, sayangnya perkembangan zaman membuat jumlah pohon kota semakin berkurang. Kok bisa? Inilah penjelasannya.

Layanan hutan USDA mengatakan bahwa kota-kota dan masyarakat Amerika akan kehilangan 175.000 hektar pohon setiap tahunnya, sedangkan jumlah trotoar, jalan, dan bangunan bertambah. Padahal pohon juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Selain itu, manfaat tahunan dari pohon kota meliputi polusi udara, penyerapan karbon, dan pengurangan penggunaan energi bangunan dan emisi pembangkit listrik yang diubah berikutnya diperkirakan mencapai $18 miliar. Tentu ini adalah jumlah uang yang fantastis.

Namun, apakah pemerintah kota akan menambah jumlah pohon setelah melihat jumlah uang $18 miliar ini? Sayangnya tidak. Penelitian dari ilmuwan Layanan Hutan USDA memperkirakan bahwa jumlah pohon di Amerika antara tahun 2009 dan 2014 menurun setiap tahunnya oleh 36 juta pohon. Jumlah ini setara dengan 175.000 hektar pohon.

Sementara itu, jumlah penutup lahan(jalan dan bangunan) lainnya dan trotoar akan meningkat sekitar 67.582 ha dalam periode yang sama. Hal ini juga pernah diisyaratkan oleh Joni Mitchell.

Ada juga pernyataan dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa secara nasional pepohonan kota di Amerika menurun dari 49,2% menjadi 42,2%. Selain 23 negara bagian memiliki penurunan tutupan pohon yang signifikan dengan total 45 negara bagian menunjukkan penurunan bersih.

Negara bagian yang telah kehilangan persentase bersih terbesar adalah Rhode Island, District of Columbia, Georgia, Alabama, dan Nebraska. Sedangkan negara dengan kerugian bersih tahunan terbesar dalam pepohonan adalah Georgia(18.830 hektar/tahun), Florida(18.060 hektar/tahun), dan Alabama(12.890 hektar/tahun).

Dari semua negara bagian, Maine memiliki persentase tertinggi yaitu 68% pohon di kota. Sedangkan negara bagian yang memiliki persentase terendah adalah North Dakota yaitu sekitar 10%. Hal ini disebabkan karena secara historis negara bagian ini hanya memiliki pohon di sekitar sungai.

Menurut Dave Nowak dari USDA, para pembuat keputusan kota perlu memahami tren di hutan kota sehingga mereka dapat mengembangkan tingkat tutupan pohon yang memadai. Menurutnya, hal ini sangat penting bagi generasi ini dan generasi masa depan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s