Ternyata Mengurangi Makan Daging Membawa Efek Positif Bagi Lingkungan Lho!

beef cattle

Dalam kehidupan kita, tentu kita sering atau bahkan selalu makan daging setiap harinya. Salah satunya adalah daging sapi. Namun, tahukah anda bahwa dengan mengonsumsi banyak daging sapi dapat menyebabkan pemanasan global lho. Kok bisa? Inilah penjelasannya.

Fakta ini dibuktikan dengan penelitian dari Universitas Oxford dan diterbitkan dalam edisi terbaru Science. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa mengurangi konsumsi daging sapi dan susu dapat mengurangi pemanasan global.

Para peneliti mengumpulkan data dari 38.000 lebih peternakan dari 119 negara dan menganalisis 40% produk makanan yang mewakili 90% dari apa yang orang makan di dunia. Selain itu, mereka juga meneliti dampak dari makanan-makanan ini, dari peternakan, penggunaan lahan, pemakaian air, hingga polusi udara dan air.

Hasilnya menemukan bahwa daging dan produksi susu merusak bumi lebih jauh daripada produksi yang berkelanjutan seperti sayuran dan biji-bijian. Menurut laporan Guardian, sapi potong yang diternakkan di lahan terdeforestasi menghasilkan 12 kali gas rumah kaca lebih banyak dan menggunakan 50 kali lebih banyak daripada penggembalaan alami.

Selain itu, laporan ini juga mengatakan bahwa efek terendah dari daging sapi bertanggung jawab terhadap 6 kali lebih banyak gas rumah kaca dan 36 kali lebih banyak lahan. Tentunya hal ini dapat merusak lingkungan.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa daging sapi hanya menyediakan 18% kalori dan 37% protein yang dikonsumsi manusia, namun produksi daging sapi malah menempati 83 % lahan pertanian dan menghasilkan 60% emisi gas rumah kaca. Tentunya keputusan menjadi vegetarian dapat menyelamatkan bumi.

Selain itu, penulis studi ini, Joseph Poore mengatakan pada Guardian bahwa menjadi vegetarian dapat memotong emisi gas rumah kaca lebih banyak daripada menggunakan mobil listrik.

Namun, sayangnya cara ini sangat susah dilakukan oleh kita. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketidaktahuan cara menyiapkan makanan tanpa daging hingga budaya yang sejalan dengan daging.

Bagaimana caranya mengurangi konsumsi daging? Caranya adalah dengan memberi intensif pengurangan daging seperti label yang mengungkapkan dampak lingkungan dari produk makanan tersebut. Selain itu ada juga upaya lain seperti menarik sebagian dari subsidi yang dibayar untuk peternakan, dan menetapkan subsidi kembali ke petani untuk membuiat produk sayur yang terjangkau.

Bagaimana, anda ingin ikut mengurangi konsumsi daging?

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s