Fakta-Fakta Tentang Perubahan Iklim Yang Harus Diketahui!

Image result for perubahan iklim

Kita sering mendengar tentang adanya perubahan iklim yang terjadi di berbagai belahan dunia saat ini. Terus apa yang dimaksud dengan iklim? Iklim adalah rata-rata peristiwa cuaca di suatu daerah. Jadi, perubahan iklim berarti perubahan rata-rata peristiwa cuaca di suatu daerah. Perubahan iklim terjadi secara alami dan perlahan. Namun, sayangnya perubahan iklim yang terjadi di dunia sekarang menunjukkan bahwa bumi sekarang sedang mengalami kerusakan. Tentunya semua ini ada penyebabnya. Apa saja yang harus kita ketahui tentang perubahan iklim? Inilah yang harus kita ketahui tentang perubahan iklim.

Dunia Semakin Panas

Image result for bumi semakin panas

Suhu rata-rata bumi memang mengalami kenaikan dan penurunan suhu. Tahun 2016 menjadi tahun dimana suhu rata-rata bumi menjadi yang paling panas. Suhu tersebut lebih panas dibandingkan dengan rekor sebelumnya yaitu pada tahun 2015.

Pengukuran suhu dilakukan oleh ribuan lembaga terkait, pelampung, satelit, dan kapal. Hasilnya adalah suhu rata-rata bumi pada tahun 2016 menjadi lebih panas 1,69 derajat Fahrenheit(16 derajat celcius) dibandingkan dengan suhu rata-rata bumi pada abad ke-20.

Semua Ini Terjadi Karena Manusia

Image result for manusia

Dalam catatan pengukuran suhu rata-rata bumi pada tahun lalu, ditambahkan juga keterangan tentang fenomena El Nino. Namun, tidak ada sebab alam yang mengakibatkan pemanasan global yang terjadi sekarang.

Ternyata penyebabnya adalah Co2 dan efek gas rumah kaca dari manusia. Akibatnya, jumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi meningkat dari tahun ke tahun hingga mengakibatkan peningkatan suhu bumi.

Sebagian Besar Ilmuwan Yakin Bahwa Perubahan Iklim Disebabkan Oleh Manusia

Image result for manusia

Hal ini dapat terlihat dari tulisan-tulisan mengenai pemanasan global pada tahun 2013. Hasilnya 97% tulisan tersebut mengatakan bahwa manusia menjadi penyebab pemanasan global.

Es Di Antartika Mulai Mencair Dengan Cepat

Image result for es kutub utara mencair

Es di Arktik sudah mulai mencair akibat peningkatan suhu rata-rata bumi. Pada bulan September tahun lalu, es di Arktik 825.000 mil persegi(2136740 km persegi) lebih kecil. Angka ini setara dengan luas gabungan Alaska dengan California.

Akibatnya, permukaan laut pun meningkat karena es yang mencair. Air laut sekarang meningkat sekitar 50,8 cm-76,2 cm. Hal ini tentunya dapat menenggelamkan kota-kota yang berada di pesisir pantai.

Cuaca Malah Mendatangkan Malapetaka

Image result for cuaca

Sebenarnya, yang menjadi malapetaka adalah bencananya bukanlah cuacanya. Bencana tersebut terjadi tentunya karena perubahan iklim yang tidak terkendali. Seperti yang terjadi di Eropa, 70.000 orang meninggal pada tahun 2003 karena gelombang panas.

Selain gelombang panas, banjir dan badai juga terjadi sebagai akibat dari perubahan iklim. Biasanya banjir dan badai terjadi saat hujan dan pernah melanda Paris dan Houston.

Spesies Makhluk Hidup Mengalami Gangguan

Image result for spesies

Pada tahun 2016, sebuah spesies mirip tikus bernama Bramble Cay Meyomys di Pulau Torres Strait, Australia dinyatakan lenyap. Hal ini terjadi karena berbagai alasan seperti kenaikan permukaan air laut. Selain kenaikan permukaan air laut, hal ini terjadi akibat perubahan iklim.

Tidak hanya spesies ini, spesies lain seperti Penguin Adelie, Burung Pantai Kutub, dan paus bungkuk juga mengalami gangguan. Selain itu, dari 976 spesies, 47% spesies telah dinyatakan lenyap. Hal ini disebabkan oleh perubahan iklim yang membuat mereka sulit bertahan.

Masih Ada Harapan

Image result for harapan

Bencana, es kutub utara mencair, permukaan air laut meningkat, suhu rata-rata bumi meningkat, dan lain-lain tentunya menjadi kekhawatiran bagi banyak orang. Rasanya sudah tidak ada harapan lagi bagi kita. Namun, janganlah pesimis! Masih ada harapan bagi kita! Bagaimana caranya?

Salah satu caranya adalah penggunaan energi alternatif. Pada tahun 2015, Amerika sudah merekrut orang-orang dari perusahaan tambang untuk bekerja di sekotar tenaga surya. Selain ramah lingkungan, energi alternatif lebih murah dan efisien lho.

Itulah fakta-fakta tentang perubahan iklim. Semoga artikel ini menyadarkan anda semua untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s