Apa Saja Penyebab Pemanasan Global?

Related image

Akhir-akhir ini, kita sering melihat berita mengenai gletser mencair, permukaan air laut yang naik, satwa liar yang berebut untuk mengimbangi, dll. Semua itu terjadi sebagai akibat dari pemanasan global. Pemanasan global terjadi karena manusia telah melepaskan gas yang memerangkap panas dalam kehidupan ini. Salah satunya adalah gas rumah kaca yang memiliki tingkat yang lebih tinggi daripada 650.000 tahun terakhir.

Akibatnya, bumi mengalami perubahan iklim dan pola cuaca jangka panjang. Hal ini terjadi karena ketika bumi berputar setiap hari, panas akan berputar dan mengambil kelembapan di tempat tersebut hingga akhirnya menetap disana.

Apa yang kita lakukan untuk menguranginya? Apa saja penyebabnya? Nah, inilah beberapa sebab terjadinya pemanasan global.

Efek Rumah Kaca

Ya, sepertinya sebutan ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Tapi apa itu efek rumah kaca? Efek rumah kaca adalah pemanasan yang terjadi ketika gas-gas tertentu di atmosfer bumi menjebak panas. Gas-gas ini menjaga panas agar tidak kabur dan salah satu contohnya adalah dinding kaca dari rumah kaca.

Pertama, sinar matahari memancar ke bumi dimana ia diserap dan dipancarkan kembali ke atmosfer sebagai panas. Di atmosfer gas rumah kaca memerangkap sebagian panas ini. Itulah fungsi gas rumah kaca yaitu menjaga bumi agar tidak terlalu dingin dan tetap hangat. Namun, sayangnya jumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi sekarang terlalu banyak sehingga terjadi pemanasan global.

Dalam sejarah kehidupan di bumi, tingkat gas rumah kaca sebenarnya naik turun namun jumlahnya sudah cukup konstan selama beberapa ribu tahun terakhir. Suhu rata-rata bumi ketika itu masih konstan hingga akhirnya bumi pun sudah mulai panas. Penyebabnya mulai dari emisi gas rumah kaca hingga pembakaran bahan bakar fosil.

Apakah Perubahan Suhu Bumi Terjadi Secara Alami?

Suhu rata-rata bumi telah berfluktuasi pada siklus ratusan ribu tahun ketika posisi bumi relatif terhadap matahari bervariasi. Akibatnya, zaman es muncul dan hilang kembali.

Namun sekarang, emisi gas rumah kaca yang ke atmosfer telah diseimbangkan oleh gas rumah kaca yang secara alami telah terserap. Akibatnya, suhu dan konsentrasi gas rumah kaca cukup stabil. Stabilitas ini memungkinkan manusia berkembang dalam iklim yang konsisten.

Selain itu, ada juga faktor lain yang mempengaruhi suhu global. Beberapa di antaranya adalah letusan genung berapi dan juga fenomena El Nino. Kedua faktor ini bekeeja dalam siklus pendek dan dapat diprediksi.

Namun, sekarang manusia telah meningkatkan jumlah gas rumah kaca sepertiga lebih banyak sejak Revolusi Industri. Secara historis, perubahan ini seharusnya memakan waktu ribuan tahun, namun sekarang malah terjadi selama beberapa dekade saja.

Mengapa Semua Ini Bisa Seimbang?

Kenaikan gas rumah kaca menjadi masalah karena menyebabkan perubahan iklim yang lebih cepat daripada kemampuan makhluk hidup untuk beradaptasi. Selain itu, iklim yang baru juga mengakibatkan tantangan baru bagi semua kehidupan.

Secara historis, iklim bumi secara teratur bergeser bolak-balik antara suhu yang sekarang dan suhu yang cukup dingin. Perbedaan suhu global rata-rata saat ini hanya berbeda 5 derajat celcius dengan zaman es. Perubahan ini terjadi secara perlahan selama ratusan ribu tahun.

Sekarang, es di Antartika dan Greenland mulai mencair dan tentunya berpotensi meningkatkan permukaan air laut secara signifikan. Hal ini disebabkan oleh peningkatan konsentrasi gas rumah kaca.

Selain itu, iklim juga dapat berubah dengan cara yang tidak terduga karena jumlah merkuri yang meningkat. Selain naiknya permukaan laut, cuaca juga bisa lebih ekstrim yang pada akhirnya mengakibatkan hilangnya pasokan air yang secara historis berasal dari gletser.

 

Ya, itulah penjelasan tentang pemanasan global. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s