Ternyata Bahan Tambang Ini Tidak Akan Dipakai Lagi!

Ya, komoditas bahan tambang tersebut adalah batubara.Batubara memang selama ini dikenal sebagai salah satu komoditas energi terbaik.Batubara selama ini bermanfaat untuk keperluan pembangkit tenaga listrik, bahan bakar cair, industri, dan lain-lain.

Namun, sayangnya batubara menimbulkan banyak kerugian seperti masalah pernapasan dan polusi udara.Batubara juga menjadi penyebab polusi udara paling mematikan yang terjadi di China.Bahkan ada 1,6 juta orang yang meninggal setiap tahunnya di China akibat polusi udara yang parah ini.

Oleh karena itu, banyak sekali upaya-upaya yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan batubara.Seperti yang terjadi di Eropa, Uni Eropa(UE) memberikan tunjangan karbon dari pasar karbon Uni Eropa berdasarkan EU ETS.

Harga 1 ton karbon yang dipancarkan dibawah ETS adalah 15 sen.Menurut Lembaga Carbon Tracker, jumlah tersebut bisa meningkat menjadi 55 sen per ton pada tahun 2030.

Hal ini bisa terjadi jika Komisi Eropa memperkenalkan aturan yang menyelaraskan target emisi UE dengan persyaratan iklim perjanjian Paris.Tentunya hal ini menyebabkan tenaga batubara dapat digantikan dengan energi terbarukan.

ETS EU berfungsi untuk membatasi jumlah emisi karbon yang digunakan oleh industri padat energi yang bertanggung jawab atas separuh dari emisi UE.Tunjangan-tunjangan yang dibuat tadi dibuat agar perusahaan menutup emisi mereka yang dapat mereka jual.

Nantinya jika mereka membutuhkan lebih banyak tunjangan karena mengeluarkan lebih, mereka dapat membelinya di pasar terbuka.Tentunya hal ini dapat mendorong anggota skema untuk beralih ke energi terbarukan.Hal ini disebabkan oleh jumlah emisi yang dapat dipancarkan yang naik dari waktu ke waktu dapat menaikkan harga.

Sayangnya, tunjangan tersebut sempat menurun 5 sen selama 6 tahun terakhir karena krisis keuangan yang melanda Eropa.Hal ini menyebabkan “kekenyangan besar” di UE.Pada akhir tahun 2016 saja, ada surplus yang setara dengan 1,75 miliar ton emisi tahunan yang dicakup dalam skema tersebut.

Namun, pada akhirnya surplus tersebut disingkirkan setelah Eropa lepas dari krisis dan perjanjian Paris ditandatangani.Mulai Januari 2019, MSR telah membatalkan 24% surplus setiap tahun hingga tahun 2023 dan 12% sesudahnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s