China akan mendominasi produksi kendaraan listrik

Electric cars road China

China bisa melakukan hal ini karena telah menandatangani kesepakatan untuk mengamankan sebagian besar pasokan kobalt dunia.Kobalt digunakan untuk komponen inti baterai mobil listrik.

Kesepakatan tersebut akan melirik GEM, sebuah perusahaan senilai $4,6 miliar yang terdaftar di bursa saham Shenzhen.Perusahaan tersebut membeli 50.000 ton kobalt dari Perusahaan Glencore selama 3 tahun ke depan.

Menurut The Financial Times, jumlah tersebut setara dengan setengah dari pasokan kobalt dunia pada tahun 2017.Selain itu angka tersebut mencakup sepertiga dari total perkiraan produksi Glencore hingga tahun 2020.

Kesepekatan Glencore telah mengunci posisi China sebagai pemimpin pasar dalam produksi baterai mobil listrik global.Hal ini terjadi karena mengingat Glencore memproduksi 80% kobalt olahan dunia.

Hal ini terjadi tentunya untuk mengatasi kenaikan harga.Sebelumnya harga logam naik 2 kali lipat.Hal ini disebabkan karena banyaknya produsen kendaraan listrik yang memperebutkan pasokan logam yang cukup.

Sebelumnya,Australia yang merupakan salah satu pemasok lithium terbesar dunia juga melakukan hal yang sama dengan China.Walaupun ada peningkatan produksi lithium dan penurunan harga litihium sebesar 45% pada tahun 2021.

GEM mengatakan bahwa peningkatan permintaan akan mengakibatkan penggunaan logam kobalt daur ulang dalam produksi baterai tidak lagi memadai.GEM menjadi pemasok kobalt utama untuk perusahaan pemasok baterai terbesar dunia,CAML.

Nilai total kesepakatan tidak diungkapkan namun GEM akan menerima 13.800 ton kobalt dalam setahun.Jumlah ini akan meningkat menjadi 21.000 pada tahun 2021.

FT melaporkan bahwa Republik Demokratik Kongo menjadi tambang kobalt yang menyediakan setengah pasokan kobalt dunia.Namun Glencore adalah produsen kobalt terbesar dunia.

Di urutan kedua adalah China Molybdenum yang terdaftar di Shanghai dan Hongkong.Apalagi perusahaan ini membeli sebuah tambang di Kongo senilai $2,65 milyar pada tahun 2016.

Kapasitas penambangan kobalt Glencore di Kongo meningkat dari 40.000 ton pada tahun 2018 menjadi 60.000 tahun depan.Sedangkan China Molybdenum memproduksi sekitar 16.800 ton kobalt tahun 2017.

Dalam produksi baterai mobil listrik dibutuhkan 10 kg kobalt.Jika dibandingkan dengan iPhone, ponsel buatan Apple ini hanya menggunakan 10 gram kobalt saja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s