Menurut studi baru,Amerika Serikat menjadi negara kedua paling menarik untuk energi terbarukan

Rooftop Solar In Kennebunk, Maine

Menurut peringkat global tahunan yang dibuat oleh Ernst&Young(E&Y),Amerika menjadi negara kedua paling menarik untuk investasi energi terbarukan setelah China.

Akuntan dari akutansi internasional E&Y merilis 2018 Renewable Energy Country Attractiveness Index(RECAI) hari ini menunjukkan bahwa Amerika Serikat berada di peringkat kedua sebagai negara paling menarik dalam investasi energi terbarukan setelah China.

Laporan ini menggambarkan gelombang investasi baru-baru ini di sektor energi terbarukan oleh banyak perusahaan minyak terbesar di dunia menyoroti investasi terdepan industri seperti Total dan Shell.

Pada bulan Januari,Royal Dutch Shell menghabiskan $217 juta untuk membeli saham besar di Nashville,pengembang proyek tenaga surya berbasis Tenn. Silicon Ranch Corporation yang akan berencana untuk berinvestasi dalam pipa multi-miliar akuisisi energi bersih selama 2 tahun ke depan.

Total Prancis telah mengambil saham minoritas di pembangkit listrik tenaga air dan surya,EREN Renewable Energy pada tahun lalu setelah membeli Lampiris,pemasok gas alam dan tenaga hijau yang berbasis di Belgia dan Saft,produsen baterai terkemuka di Perancis.

Metodologi RECAI yang disesuaikan pada tahun 2017 bergantung dengan apa yang E&Y sebut dengan “5 pilar” atau 5 kategori indikator khusus yang secara kolektif terdiri dari input yang digunakan untuk menghitung peringkat 40 negara.

Kelima pilar ini diharapkan dapat menangkap pasokan jaringan energi dan dinamika permintaan jangka panjang,tren kebijakan dan keterjangkauan energi terbarukan dibandingkan dengan sumber daya energi lainnya dan tren pasar global lainnya yang mempengaruhi prioritas investasi dan penyebaran.

Masing-masing dari 5 pilar mencakup beberapa rangkaian dataset yang diubah menjadi skor 1-5 dan dibobot untuk menghasilkan skor parameter.Skor tersebut kemudian ditimbang kembali untuk menghasilkan skor pilar dan kemudian skor dan peringkat RECAI secara keseluruhan.

Meskipun daya saing biaya energi terbarukan meningkat,pengaktifan kebijakan terus memiliki dampak yang signifikan terhadap daya tarik pasar,kata E&Y dalam uraiannya tentang metodologi RECAI.Menurut uraian tersebut,ini berarti bahwa matahari secara khusus terus menjadi bagian penting dari keseluruhan pembobotan bahkan dengan menghitung nilai tarif $/MW yang lebih tinggi dari teknologi lainnya.

Pada tahun 2017,Amerika menjadi negara ketiga yang paling menarik untuk investasi energi terbarukan dalam peringkat RECAI dari 40 negara setelah India dan China.Pada tahun 2018,India jatuh ke peringkat keempat dan peringkat ketiga menjadi Jerman.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s