Tenaga Surya dan China Menguasai Investasi Energi Terbarukan Dalam Babak Pertama

Pasar yang sedang berkembang mendominasi investasi energi terbarukan dengan lebih dari 40% dana masuk ke proyek-proyek di China.Selain itu ada perkembangan penting di negara lainnya seperti Meksiko,Maroko,Indonesia,dan Vietnam.

Menurut Bloomberg New Energy Finance(BNEF),total investasi untuk 3 bulan pertama tahun ini adalah $61,1 miliar,10% lebih rendah daripada periode yang sama di tahun 2017.Namun,menurut Clean Energy Pipeline dengan kriteria yang berbeda,angka investasinya adalah $62,1 miliar.

Salah satu alasan jatuhnya investasi adalah penurunan sebesar 19% dalam pendanaan energi matahari,sebagian sebagai akibat dari penurunan 7% dalam harga peralatan fotovoltaik selama tahun lalu,dan sebagian karena aktivitas yang lebih lemah di beberapa pasar.

Meskipun ada beberapa kelemahan dalam babak pertama sektor ini,BNEF mengharapkan energi surya memiliki tahun yang kuat secara keseluruhan.Kepala energi surya untuk BNEF,Jenny Chase,mengatakan bahwa ia berharap dunia memasang panel surya lebih banyak daripada rekor 98GW pada tahun lalu.

Menurut Jenny,2 dari pendorong utama penggunaan energi matahari adalah booming yang sedang berlangsung di China untuk skala utilitas dan sistem PV lokal yang lebih kecil,juga pembiayaan taman surya yang sangat besar di negara berkembang lainnya karena daya saing biaya terus meningkat.

Proyek terbesar yang akan disetujui adalah skema Noor Midelt 800MW senilai $2,4 miliar di Maroko yang menggabungkan panel PV dengan fasilitas panas matahari yang dapat menyimpan energi yang dihasilkan.Selain Maroko,ada juga fasilitas PV besar yang disetujui di India dan Meksiko.

Sebaliknya,ada peningkatan 10% dalam investasi energi matahari hingga $18,9 miliar.Sementara investasi panas bumi naik 39% untuk menembus penghalang $1 miliar.

Ada juga peningkatan yang mengejutkan yaitu sebesar 519% dalam investasi biofuel dari periode yang sama setahun sebelumnya.Hal ini disebabkan oleh 2 pabrik etanol yang disetujui di Amerika.Namun,fakta bahwa ini hanya mengambil investasi sebesar $748 juta menyoroti seberapa jauh sektor ini akan jatuh dalam beberapa tahun terakhir.

Investasi dalam biomassa dan teknologi pintar energi mengalami penurunan sebesar 29% dan 8% masing-masing.Selain itu,skema hidrolistrik kecil juga jatuh sebesar 32%.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s