Hampir setengah dari jumlah bus seluruh dunia akan dikuasai oleh bus listrik pada tahun 2025

EV

Bus adalah salah satu transportasi umum yang dipakai oleh banyak orang.Di negara maju maupun berkembang semuanya pasti memiliki bus sebagai fasilitas transportasi umum.Bus juga banyak dipakai oleh orang-orang untuk transportasi umum karena banyak hal seperti lebih cepat dan tarifnya lebih murah.Namun,sayangnya terkadang banyak juga bus yang tidak layak jalan sehingga terkadang menyebabkan polusi.Seperti yang kita lihat,banyak sekali metro mini yang mengeluarkan asap begitu hitam.Namun,di tahun 2025 akan ada solusinya yaitu bus listrik.

Menurut ramalan,setengah dari jumlah bus listrik yang ada di dunia akan dikuasai oleh bus listrik.Nantinya China akan memainkan peran besar dalam hal ini.

Prediksi tersebut berasal dari studi baru oleh Bloomberg New Energy Finance.Studi memprediksi bahwa penjualan bus listrik pada tahun lalu sebanyak 386.000 unit akan meningkat menjadi 1,2 juta unit di tahun 2025.China akan menguasai 99% bus listrik dunia pada saat itu.

Menurut analis BNEF sekaligus penulis studi tersebut,Aleksandra O’Donovan,China akan memimpin pasar ini karena dukungan domestik yang kuat dan target tingkat kota yang agresif.

Selama beberapa dekade,bus diesel adalah bus yang paling sering digunakan dalam armada bus kota dengan operator pelatih swasta.Para pemilik bus menghargai kinerja mesin diesel,akses yang luas ke pompa bahan bakar,dan biaya kompetitif bahan bakar diesel.

Dalam beberapa tahun terakhir,bus yang berbahan bakar gas alam terkompresi telah mengambil sebagian dari pangsa pasar didominasi oleh bus diesel selama bertahun-tahun.Para operator armada bus terkesan dengan pengurangan polusi udara untuk mematuhi peraturan federal,negara bagian,dan lokal dengan membawa gas alam terkompresi(CNG) ke dalam armada bus mereka.Biaya operasi bus bertenaga CNG lebih dapat diandalkan dengan harga bahan bakarnya yang stabil.Hal tersebut membantu bus bertenaga CNG melihat pertumbuhan penjualan ketika harga pompa solar dan bensin melonjak pada tahun 2008 dan 2010.

Bus listrik nantinya dapat mengambil pangsa pasar dari bus diesel dan bus CNG.Namun,bus tenaga listrik lebih mahal dalam biaya di muka dibandingkan dengan bus diesel dan CNG.Studi BNEF menemukan bahwa bus listrik dapat menawarkan biaya kepemilikan yang lebih rendah melalui siklus hidup kendaraan mereka.Biaya bahan bakar dan perawatan dari bus listrik bisa jauh lebih rendah.Bus listrik jauh lebih mudah untuk dirawat dan memerlukan penggantian suku cadang yang lebih sedikit dibandingkan dengan bus diesel dan CNG.

Studi BNEF harga baterai lithium yang diharapkan mengalami penurunan akan membantu bus listrik lebih kompetitif dengan bus diesel pada tahun 2026.Bus bertenaga listrik juga mulai terlihat dengan kehadiran besar-besaran di jalanan kota.Para pengamat akan membaca tentang bus listrik yang mungkin akan membuat mereka tertarik untuk melakukan penelitian lebih dalam.Bus listrik dapat membawa pemerintah lokal untuk berkomitmen untuk memperbaiki kualitas udara,menemukan penghematan dalam biaya operasi,dan membuat agen transit kota terlihat lebih inovatif dan berkomitmen untuk mengintegrasikan teknologi baru.

Kebijakan energi baru China telah berada di belakang kekuatan penjualan bus listrik dengan harapan itu akan tumbuh selama dekade berikutnya.BYD Co. yang didukung oleh Warren Buffet Berkshire Hathaway yang merupakan perusahaan kendaraan listrik terbesar di China memiliki posisi yang baik untuk memanfaatkan inisiatif pemerintah.Tahun lalu,BYD Co. menjual 128.000 kendaraan energi baru yang mencakup kendaraan komersial dan penumpang listrik.Penjualan tersebut naik dari 100.183 penjualan pada tahun 2016.

Bus listrik BYD kini telah beroperasi di 200 kota di seluruh dunia.Selain BYD,Yutong juga mendominasi penjualan bus listrik.BYD adalah produsen kendaraan listrik terbesar dunia,sedangkan Yutong adalah produsen bus listrik terbesar di China.

Belum lama ini,BYD mengirim 20 pelatih mobil listrik ke 2 perusahaan pariwisata Macau.Selain itu,BYD juga memasok bus listrik ke Amerika di kawasan transit.BYD juga mengumumkan akan menyediakan 11 BYD ADL Enviro 200EV yang dioperasikan oleh Go-Ahead di London untuk transportasi di kota tersebut.Bus-bus tersebut akan mirip dengan bus BYD lainnya lainnya yang sudah dioperasikan di London.

Studi lain juga mempertanyakan pertumbuhan pesat penjualan bus listrik di China.Menurut laporan dari Clean Technica,akan terlihat perubahan di tahun ini karena kebijakan pemerintah nasional yang bertabrakan dengan kebijakan pemerintah lokal/kota.

Penjualan bus listrik di China turun pada tahun lalu dari 115.700 unit pada tahun 2016 menjadi 89.546 unit pada tahun 2017.Hal itu disebabkan oleh perubahan kebijakan dan intensif yang dikurangi selama waktu itu.Bus sel bahan bakar hidrogen akan melihat kecenderungan yang meningkat ketika pemerintah China memberikan lebih banyak dukungan dan subsidi.

Menurut laporan Bloomberg, pada pertumbuhan bus listrik,bus sangat masuk akal bagi pembuat kebijakan di tingkat nasional dan lokal.Mereka melayani rute rutin dan tetap membuat mereka ideal untuk pergi ke jalur kendaraan listrik.Stasiun pengsian daya dapat diatur di stasiun bus dan dibangun ke dalam jadwal.

Pemerintah China yang sedang mendorong udara yang lebih bersih tentunya membuat bus listrik terlihat lebih menarik.Selain itu walikota Paris,Amsterdam,Los Angeles,dan San Jose,California mendesak para regulator lingkungan untuk meluncurkan intensif dan persyaratan untuk mendorong pertumbuhan bus listrik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s