Satelit baru untuk melacak emisi gas rumah kaca sedang dibuat

methane gas fire

Akhir-akhir ini,duni mengalami perubahan iklim yang tidak terkontrol.Gejala-gejalanya seperti banjir,kelaparan,kekeringan,dan kebakaran.Gejala-gejala tersebut hanya beberapa dari gejala lainnya.

Masalah yang mengancam kemanusiaan ini disebabkan oleh emisi karbondioksida.Namun,ada penyebab yang lebih besar lagi yaitu emisi metana.

Emisi metana menghasilkan 1/4 dari pemanasan bumi.Salah satu penghasil gas rumah kaca terkemuka adalah industri minyak dan gas.Ini sangat berbahaya dan sulit untuk dilacak.

Dana Pertahanan Lingkungan(Enviromental Defense Fund)mengumumkan minggu ini pada konferensi TED di Vancouver,Kanada bahwa itu bekerja pada satelit yang disebut Methaneat.Satelit tersebut dapat mengidentifikasi dan mengukur emisi metana yang dihasilkan manusia dengan fokus khusus pada industri minyak dan gas.

EDF(Enviromental Defense Fund)telah lama tertarik untuk mempelajari emisi metana termasuk mendanai serangkaian studi senilai $20 juta(26 miliar rupiah)untuk mengamati emisi darat dan udara dari industri minyak dan gas di Amerika.Menurut Fred Krupp,presiden EDF,satelit yang sekarang direncanakan untuk diluncurkan ini sebelumnya dianggap mustahil.

Sementara itu,Badan Antariksa Eropa memiliki satelitnya sendiri untuk melacak emisi gas rumah kaca(termasuk metana).Satelit yang bernama MethaneSAT ini memiliki resolusi yang jauh lebih tinggi.

EDF menemukan sains untuk satelitnya setelah bertahun-tahun bekerja dan bermitra dengan Harvard University dan Smithsonian Astrophysical Observatory.Tinggal mereka mengumpulkan dana dimana TED melangkah masuk.

MethaneSAT adalah 1 dari 7 proyek yang didanai oleh Audacious Project senilai $250 juta(Rp 3,25 trilliun).Audacious Project adalah sebuah program baru dari TED yang bertujuan untuk menghadapi kenyataan bahwa perubahan nyata itu mahal.

Uang itu tersebar ke penerima yang masing-masing mempresentasikan TED dengan anggaran rinci untuk proyek mereka mulai dari $30 juta(Rp 390 miliar) hingga $100 juta(Rp1,3 trilliun).Para nominasi akan dipilih oleh TED pada tahun ini,tetapi organisasi tersebut memungkinkan publik untuk mengajukan ide merka pada tahun depan.

The Audacious Project didukung oleh penyandang dana seperti The Bill and Melinda Gates Foundation,Dalio Foundation,Skoll Foundation,dan Virgin Unite.TED tidak mengungkapkan bidang pekerjaan yang dikerjakan oleh penyandang dana.(para penyandang dana bebas memilih masing-masing proyek yang diminati)

Krupp menolak untuk memberitahu seberapa banyak inisiatif TED untuk membantu menyiapkan proyek EDF.Krupp memperkirakan bahwa biayanya mencapai puluhan juta dollar hanya untuk 1 satelit dan puluhan juta dollar lainnya untuk menghasilkan data yang dapat ditindaklanjuti.

The Audacious Project tidak menyediakan semua dana yang diperlukan.Namun,setidaknya uang itu cukup untuk mempekerjakan seorang veteran industri satelit yang bernama Tom Ingersoll yang dulunya adalah CEO Skybox.Menurut Krupp,Tom sudah jatuh cinta pada proyek tersebut.

Setelah diluncurkan,satelit tersebut akan memiliki pandangan emisi metana global sepanjang 200 km yang diperiksa setiap minggu.Pandangan ini mencakup lebih dari 80% dari semua wilayah utama penghasil minyak dan gas bumi.Menurut Krupp,EDF akan memiliki cakupan global dalam hal ini.Menurutnya,ada beberapa emisi metana yang dikeluarkan secara sengaja namun ada juga yang bocor secara tidak sengaja.

EDF berencana untuk meluncurkan MethaneSAT paruh ke dua pada tahun 2020 atau awal 2021 menurut Krupp.Semua data dari satelit akan tersedia untuk umum.Begitu emisi metana dapat lebih mudah untuk diukur,mungkin akan lebih mudah untuk mengelolanya.

Menurut Krupp,musuh terbesar yang dimiliki manusia adalah mengundurkan diri untuk masalah pemanasan global.Menurutnya,cara ini dapat menurunkan suhu yang seharusnya dilihat dalam hidup kita.Semoga cara ini bisa menjadi solusi untuk pemanasan global.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s