China sedang membangun megaproyek yang menunjukkan bahwa dunia tidak membutuhkan batubara lagi

solar farm china

Dalam kehidupan kita,batubara memegang peran yang penting dalam persediaan energi.Barang tambang tersebut dipakai dalam sumber tenaga pembangkit listrik dan juga sebagai bahan bakar cair.Selain itu,batu bara juga menghasilkan gas dan juga dipakai dalam industri.Namun,sayangnya batubara dapat mencemari udara.Tapi,di 1 sisi manusia masih membutuhkan batubara.Namun,di China anda tidak memerlukan batubara lagi.Kok bisa?Bagaimana caranya?

China sedang mengembangkan sebuah megaproyek yaitu sebuah ladang surya mengambang raksasa di Anhui,China.Megaproyek tersebut dibuat di sebuah tambang batubara yang terbengkalai.Sebuah ladang surya yang lebih besar akan muncul pada bulan Mei 2018.

Pembangunan ini disebabkan oleh menigkatnya kekhawatiran seputar kematian yang disebabkan oleh polusi udara di China.Selain itu,China juga mengalami polusi udara terburuk di dunia dengan batubara sebagai penyebab utamanya.Menurut studi 2016 dari tim peneliti China dan Amerika,polusi udara yang disebabkan oleh batubara menyebabkan 366.000 kematian dini.

Sebuah studi baru menemukan bahwa China telah mengurangi partikel polusi udara mematikan sebanyak 32% selama 4 tahun terakhir.Tentunya ladang surya ini menjadi bagian dari pergeseran global dari energi fosil ke energi terbarukan.

Selain itu China juga berjanji untuk menginvestasikan $ 360 miliar untuk proyek-proyek energi bersih dan menciptakan 13 juta pekerjaan energi terbarukan pada tahun 2020.Hal ini dilakukan China untuk meningkatkan kualitas udara.China telah menjadi salah satu investor terbesar dunia dalam proyek-proyek energi terbarukan.

Ini adalah tahun ke-4 China dalam memerangi polusi udara.Dari 200 monitor di China,ditemukan analisis baru bahwa China telah mengurangi konsentrasi partikulat halus(jenis polusi paling mematikan) sebanyak 32% sejak 2013.Menurut para peneliti jika China menopang pengurangan ini,masa hidup para penduduk bisa diperpanjang 2,4 tahun.

kevin frayer china floating solar field 14

Pada tahun 2017,166.000 pekerja di China telah menyalakan panel surya yang menghasilkan 40 megawatt listrik yang cukup untuk daya 15.000 rumah.Menurut South China Morning Post,ladang surya terbesar di dunia akan beroperasi hingga 25 tahun.

Pada bulan Desember 2017,sebuah unit dari China Three Gorges Corp membangun sebuah ladang surya mengambang yang lebih besar yang diharapkan bisa beroperasi pada bulan Mei 2018.Di Anhui,ladang surya senilai 151 juta dolar ini menghasilkan 150 megawatt listrik yang cukup untuk daya 94.000 rumah.

kevin frayer china floating solar field 3

Pada tahun 2015,Swedia mulai menghentikan penggunaan bahan bakar dan menigkatkan investasi tenaga surya,angin,jaringan cerdas,dan transportasi yang lebih bersih.Nikaragua juga berjanji untuk meningkatkan bagiannya dalam energi terbarukan dari 53% menjadi 90%.China adalah salah satu negara terbesar yang melakukan perpindahan signifikan dari batubara.Hal ini dibuktikan dengan pembatalan 104 pabrik batubara baru yang sedang dikembangkan di 13 provinsi.

kevin frayer china floating solar field 5

Amerika Serikat juga tidak bergantung pada energi fosil pada tahun 2018.Namun,akhir-akhir ini Presiden Trump berjanji untuk mengembangkan industri batubara yang sedang berjuang di negeri itu.Trump juga mengumukan bahwa Amerika akan mengatur tarif sebesar 30% pada panel surya impor turun menjadi sekitar 15% selama periode 4 tahun.Tentunya kebijakan ini dapat merusak industri surya di negeri tersebut.

Saat ini,batubara menyumbang lebih dari 40% listrik dunia.Namun menurut para ahli energi,batubara akan mencapai puncaknya lalu jatuh dalam 10 tahun.Dalam waktu yang sama,energi yang terbarukan akan menjadi cukup murah untuk melampauinya.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s