Bagaimana caranya cermin dapat meningkatkan energi matahari

solar panels

Seperti yang kita tahu,dunia sekarang mencoba untuk mengembangkan energi surya.Tentunya energi tersebut membutuhkan panel surya yang harganya tentu tidaklah murah.Apalagi,Amerika mengumumkan tarif 30% terhadap panel surya impor.Tentunya hal ini dapat memperlambat perkembangan ladang surya di negeri tersebut.Selain itu,tarif tersebut meningkatkan biaya panel surya sekitar 10-15 sen per watt.Tarif ini dapat menyebabkan China dan negra lainnya untuk mengajukan banding ke WTO(World Trade Organisation).

Tenang saja,ada kok alternatif lainnya.Apa itu?Jawabannya adalah cermin.Cermin dapat menjadi refelktor penguat tenaga surya.Inilah penjelasannya

  1. Menangkap energi yang hilang     Seorang peneliti yang bekerja dengan sebuah tim di Kanada berhasil menunjukkan bahwa cermin dapat digunakan untuk menyinari lebih banyak sinar matahari pada panel secara signifikan meningkatkan output mereka.Caranya adalah reflektor(cermin) ditempatkan berlawanan dengan panel surya untuk mengirim lebih banyak cahaya ke arah modul di depan mereka.Cahaya yang mengenai mereka dipantulkan ke panel surya untuk menghasilkan lebih banyak energi listrik.

Dalam makalah kelompok ini yang dipublikasikan di Journal of Photovoltaics,peningkatan maksimum 30% dapat dicapai untuk sistem yang dioptimalkan.Kelompok ini juga fokus dalam meneliti sistem panel surya karena pengaturan panel surya saat ini dipasang di darat dan hal itu membuang ruang dan dapat kehilangan sinar matahari yang berharga.Panel surya datar berwajah ikonik yang dipasang dalam skala besar ditempatkan terpisah untuk mencegah bayangan pada panel lainnya.

solar panel farmKetika matahari bersinar di ladang surya biasa dan mengirim listrik ke jaringan listrik,ada energi dari cahaya matahari yang hilang karena cahaya matahari tersebut menyentuh tanah di antara panel.Praktek menanam tanaman di daerah di antara panel disebut agrivoltaics.Reflektor tersebut menangkap sebagian dari energi yang hilang dari cahaya matahari.

2. Menggunakan CGI untuk simulasi surya

Reflektor penguat yang dikenal sebagai cermin tersebut tidak banyak digunakan karena kekhawatiran tentang jaminan.Biasanya panel surya dijamin selama 20-30 tahun dalam keadaan ketat berdasarkan pengujian dipercepat yang dilakukan oleh produsen.

Namun,menempatkan lebih banyak cahaya matahari pada reflektor,ada perubahan suhu yang besar dan pencahayaan yang tidak seragam.Simulasi optik sederhana yang lebih tua salah memprediksi efeknya sehingga membuat para produsen takut dengan kegagalan modul.Karena ketidakpastian ini,penggunaan reflektor saat ini menjamin garansi untuk operator ladang surya.

Kelompok ini juga menemukan cara efektif untuk memprediksi efeknya dengan cara reflektansi 2 arah atau BDRF.BDRF secara teratur digunakan dalam film dan permainan video untuk menghasilkan karakter dan adegan seperti yang dihasilkan oleh komputer (CGI).

Hal ini berfungsi karena persamaan BDRF menggambarkan bagaimana cahaya memantul dari permukaan tidak beraturan dan memprediksi bagaimana cahaya akan menyebar,menciptakan pencerahan dan bayangan tidak langsung.Ini adalah persis seperti yang dibutuhkan untuk memprediksi dengan tepat dampak dari cermin tidak sempurna yang dipasang di depan panel surya.

Model BDRF ini diciptakan untuk memprediksi berapa banyak sinar matahari akan memantul reflektor dan dimana akan bersinar.Permukaan nyata tidak selalu bersifat seperti cermin sempurna yang secara sempurna memantulkan cahaya.BDRF diterapkan pada bahan seperti ini yang menghamburkan cahaya sebagai gantinya.

Dengan ini,hanya dengan menunjukkan bagaimana reflektor menyebarkan cahaya sebagai fungsi dari panjang gelombang,kita bisa mulai mengambil resiko dari penggunaan reflektor dengan panel surya serta menunjukkan bagaimana reflektor bisa meningkatkan output sistem tenaga surya.

Pengujian model ini dilakukan di luar dalam array nyata.Percobaan ini dilakukan di Canada’s Open Solar Outdoors Testing Field di Kingston,Ontario,Kanada.

Ujicoba pertama kali dilakukan dengan panel yang tidak diberi nama dalam sudut optimal untuk menangkap energi cahaya matahari di lokasi itu.Dengan penempatan itu dan panel standar,peningkatan listrik tenaga surya yang dihasilkan sebesar 45%.Bahkan dengan panel yang dimiringkan secara optimal,efisiensi meningkat sebesar 18% dan simulasi menunjukkannya dapat didorong hingga 30% dengan reflektor yang lebih baik.

Reflektor tidak banyak digunakan oleh pengembang proyek ladang surya karena berbagai penyebab seperti harga panel surya sedang turun.Biasanya menambah lebih banyak panel ke instalasi lebih murah dan mudah daripada meningkatkan output panel dengan memantulkan lebih banyak cahaya pada panel.

Namun dengan tarif ini,industri surya mungkin mulai mendekat ke reflektor.Peningkatan besar output energi pada tingkat sistem dengan menggunakan cermin bisa mengubah cara panel surya dipasang selama harga panel surya di luar Amerika dinaikkan oleh Trump.

Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s