Ilmuwan menemukan sebuah enzim yang dapat mengurai plastik

plastic bottle waste

Tentunya anda pasti sering mendengar bahwa sampah plastik adalah jenis sampah yang paling susah diurai.Sampah plastik membutuhkan waktu 500-1000 tahun agar bisa terurai.Ditambah lagi,setiap tahunnya Indonesia memproduksi sampah plastik sebesar 5,4 juta ton setiap tahunnya.Belum lagi,sampah plastik memberi dampak buruk bagi lingkungan.

Jangan khawatir,sekarang para ilmuwan telah menemukan solusinya.Mereka tidak sengaja menemukan sebuah enzim mutan yang dapat memakan habis dan mengurai sampah plastik dan dapat membantu dunia memecahkan masalah sampah plastik.

Para peneliti Amerika dan Inggris telah memeriksa enzim yang telah terbentuk secara alami di tempat pembuangan sampah dan mampu perlahan-lahan mencerna sampah plastik manusia.

Menurut Britain’s University of Portsmouth,dalam menguji asal usul enzim para peneliti juga membuat perubahan biologis untuk memperkuat kemampuan enzim ini untuk mencerna sampah plastik.

Menurut The Guardian,enzim ini mulai memecah plastik dalam hitungan hari dalam keadaan yang normal.Enzim ini disebut sebagai Enzim PETase.Enzim ini dinamakan PETase karena enzim ini memakan polyethylene terephthalate (PET),plastik ringan yang digunakan sebagai kemasan air minum dan minuman ringan lainnya.

Menurut Profesor John McGeehan,salah satu ilmuwan yang memimpin penelitian ini masih ada kesempatan untuk mengembangkan enzim ini.Menurutnya,pengembangan enzim tersebut mendekatkan kita lebih dekat ke solusi mengatasi sampah plastik.

Sejauh ini,enzim mutan ini masih dalam tahap awal pengembangan.Nantinya,enzim mutan ini diharapkan bisa digunakan dalam skala industri.

Saat ini,sampah plastik daur ulang hanya dapat diubah menjadi serat buram.Nantinya serat buram tersebut digunakan untuk membuat pakaian dan karpet.Metode yang lebih efektif tentunya memungkinkan daur ulang sampah plastik dapat digunakan secara luas.

Menurut laporan BBC,sekitar 8,3 miliar ton sampah plastik telah diproduksi sejak 70 tahun yang lalu.Sekitar 6,3 miliar ton adalah limbah.

Nah,itulah solusi untuk mengatasi sampah plastik yang sangat banyak.Apakah anda punya solusi lainnya?

Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s