Metode untuk mengatasi kelaparan yang kontroversial

Pada zaman sekarang,banyak sekali orang yang kelaparan.Selain itu,lahan-lahan pertanian semakin lama semakin sempit.Tentunya hal tersebut cukup mengkhawatirkan bagi umat manusia.Nah,sekarang ada solusi untuk mengatasinya.Bagaimana caranya?

Caranya sebenarnya cukup kontroversial karena menggunakan teknologi pengeditan gen.Namanya Kale,sayuran yang dibuat menggunakan modifikasi genetik dengan teknologi CRISPR.Bahkan saking kontroversialnya,Stefan Jansson pernah hampir ditahan karena membawa penemuannya itu.Jansson adalah seorang peneliti tanaman Swedia yang mencoba untuk membuat tanaman ini lebih sehat dan efisien.

Di Amerika Serikat,pembuatan makanan dengan teknologi CRISPR diperbolehkan.Para ilmuwan meramal bahwa kita akan makan stroberi dan beberapa jenis buah yang dibuat dengan teknologi CriSPR dalam waktu 5-10 tahun lagi.

Stefan pernah menggoreng 1 porsi Kale CRISPR yang tumbuh di belakang rumahnya.Kale merupakan makanan dengan teknologi CRISPR yang pertama kali ada di dunia.Menurut ilmuwan tanaman Universitas Umea ini,rasa dari Kale CRISPR sangat enak.

Image result for kale crispr

Stefan Jansson yang sedang memasak makanan bertekologi CRISPR

Kale bisa menjadi solusi bagi kesediaan pangan bagi populasi dunia yang tumbuh secara eksponensial.Di masa depan,para petani harus menanam 70% lebih banyak bahan pangan untuk menyediakan makanan bagi seluruh orang di dunia.

Selain itu tentunya hama,perubahan iklim,banjir,dan kekeringan menjadi masalah yang umum dalam pertanian.Jadi Kale mungkin bisa menjadi solusi untuk menanam makanan tanpa masalah-masalah diatas sehingga permintaan makanan bergizi dapat dipenuhi.

Dengan paket pengeditan gen CRISPR,tanaman yang ditanam bisa lebih cepat tumbuhnya dan lebih murah.Para ilmuwan sudah menggunakan teknik ini untuk membuat tanaman yang lebih sehat dan siap untuk menghadapi hama,penyakit,panas dan kekeringan.

Metode tradisionalnya adalah dengan cara meretas genom tanaman dengan pisau tumpul,alat seperti potongan CRISPR dan membentuk ulang dengan presisi seperti pisau bedah.

Ini adalah teknologi yang dikatakan dapat mengatasi kelaparan di dunia.Namun,sayangnya publik masih belum mengizinkannya.Kira-kira hasilnya gimana ya?

Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s