Polusi Udara Ternyata Juga Disebabkan Oleh Shampoo!

shampoo

Akhir-akhir ini,banyak tempat yang mengalami polusi udara.Apa penyebabnya?Penyebabnya adalah banyaknya orang yang mengendarai mobil,pembakaran sampah,asap pabrik,dan lain-lain.Namun,siapa sangka bahwa shampoo yang kita gunakan juga merupakan salah satu penyebab polusi udara.

Tidak hanya shampoo,barang-barang seperti pembersih oven dan deodoran juga menjadi penyebab polusi udara menurut jurnal sains.

Percobaan ini dilakukan oleh tim dari National Oceanic And Atmospheric Administration di Colorado.Tim ini mengumpulkan sampel udara di Pasadena,lembah Los Angeles yang dikenal berasap.Mereka juga menganalisis data dari Amerika dan Eropa,termasuk penelitian para ilmuwan.

Mereka menemukan bahwa setengah dari senyawa organik yang menguap ke udara berasal dari produk domestik seperti shampoo,pemutih,cat,dan parfum.Ketika partikel-partikel ini terdegradasi,partikel-partikel ini menjadi partikel PM2.5 yang merupakan penyebab masalah pernapasan dan berkaitan dengan 29.000 kematian di Inggris setiap tahunnya.

Menurut penelitian,barang-barang tersebut dapat menyebabkan negara Amerika dan Eropa sulit untuk mencapai target walaupun mereka sudah mencoba mengatasi asap lalu lintas.Tapi para peneliti juga menganggap itu adalah sebuah keberhasilan menurut rekan penulis Brian McDonald yang berbicara pada konferensi pers pertemuan tahunan American Assosiation for the Advancement of Science.Menurut Brian,penyebab polusi udara makin beragam dan pengurangan asap dari kendaraan memiliki efek yang besar dalam beberapa dekade terakhir.Hal ini disebabkan oleh emisi dari produk konsumen hanya signifikan karena upaya untuk menggunakan bahan bakar yang lebih bersih dan mengurangi asap lalu lintas.

Namun,polusi yang diakibatkan oleh shampoo tidak berdampak banyak bagi negara-negara seperti China dan India.Hal ini disebabkan karena negara-negara ini menggunakan pembangkit tenaga listrik berbahan bakar batubara dan untuk memasak mereka membakar batubara,kayu,dan kotoran sebagai metode utama.

Tapi tenang,artikel ini tidak ditulis untuk menakuti anda.Artikel ini hanya mengidentifikasi penyebab polusi udara dan meningkatkan kualitas udara.

SEmoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s